Senin, 01 Februari 2016
Menurut Para Ahli
PENGERTIAN SEKRETARIS MENURUT
PARA AHLI
1.
Pengertian
Sekretaris Menurut Betty Hutchinson dan Carol Milano yang dikutip oleh Ursula
Ernawati
Sekretaris adalah seorang
profesional. Sebagai profesional, Anda diharapkan menampilkan
aneka macam tangungjawab tugas kesekretaisan dengan
penuh kompetensi, dapat dipercaya dan berkepribadian.
2.
Pengertian
Sekretaris Menurut Hartiti Hendarto & Tulus Haryono
Sekretaris adalah orang yang membantu
seseorang, yaitu pimpinan dalam melaksanakan tugas
perkantoran.
3.
Pengertian
Sekretaris Menurut Saiman
Sekretaris adalah orang yang
mempunyai tugas yang sangat berkaitan dengan
kegiatan tulis menulis, atau kegiatan
catat-mencatat dari suatu kegiatan perkantoran atau perusahaan.
4.
Menurut Wursanto
yang dikutip Saiman (2002:25)
Sekretaris adalah seorang pegawai yang
bertugas membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan
pekerjaan-pekerjaan detail kepala atau pimpinannya.
5.
Menurut Kamus Webster (Sutarto, 1997)
Sekretaris adalah seorang pegawai
yang memelihara warkat, melakukan korespondensi dan tugas-tugas administrasi
lainnya, juga pegawai yang mengepalai bermacam-macam pekerjaan, atau pegawai
yang mengepalai suatu departemen pemerintahan.
6.
Menurut Fowler
(1970)
Sekretaris adalah orang yang
bekerja pada orang lain untuk membantu
korespondensi, tugas administrasi, mendapatkan informasi dan menyimpan
rahasia, atau pegawai yang ditunjuk oleh masyarakat atau organisasi untuk
berkorespondensi dan memelihara warkat yang berkaitan dengan organisasinya.
7.
Menurut Braum dan Ramon dalam Saiman (2002:24)
Sekretaris adalah seorang
pembantu dari seorang kepala atau pimpinan yang menerima pendiktean,
menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa atau mengigatkan kepala
atau pimpinannya mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya dan
melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan
efektivitas dari kepala atau pimpinannya mengenai kewajiban lainnya yang
berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari kepala atau pimpinan.
8.
Menurut Gie dalam Saiman (2002:25)
Sekretaris adalah seorang petugas
yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat termaksud
menyiapkan bagi seorang pejabat penting atau suatu organisasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar