Senin, 01 Februari 2016

Menurut Para Ahli

PENGERTIAN SEKRETARIS MENURUT PARA AHLI

1.      Pengertian Sekretaris Menurut Betty Hutchinson dan Carol Milano yang dikutip oleh Ursula Ernawati 

Sekretaris adalah   seorang   profesional. Sebagai profesional,  Anda  diharapkan menampilkan  aneka  macam  tangungjawab tugas   kesekretaisan dengan penuh kompetensi, dapat dipercaya dan berkepribadian.

2.      Pengertian Sekretaris Menurut Hartiti  Hendarto & Tulus Haryono

Sekretaris adalah  orang  yang membantu  seseorang,  yaitu  pimpinan dalam  melaksanakan tugas  perkantoran.

3.      Pengertian Sekretaris Menurut Saiman

Sekretaris  adalah  orang  yang  mempunyai  tugas  yang  sangat berkaitan  dengan  kegiatan  tulis  menulis,  atau  kegiatan  catat-mencatat dari suatu kegiatan perkantoran atau perusahaan.

4.      Menurut Wursanto yang dikutip  Saiman (2002:25)

Sekretaris  adalah seorang pegawai yang  bertugas  membantu  pimpinan  kantor  dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan detail kepala atau pimpinannya.

5.      Menurut Kamus Webster (Sutarto, 1997)

Sekretaris adalah seorang pegawai yang memelihara warkat, melakukan korespondensi dan tugas-tugas administrasi lainnya, juga pegawai yang mengepalai bermacam-macam pekerjaan, atau pegawai yang mengepalai suatu departemen pemerintahan.

6.      Menurut Fowler (1970)

Sekretaris adalah orang yang bekerja pada orang lain untuk membantu korespondensi, tugas administrasi, mendapatkan informasi dan menyimpan rahasia, atau pegawai yang ditunjuk oleh masyarakat atau organisasi untuk berkorespondensi dan memelihara warkat yang berkaitan dengan organisasinya.

7.      Menurut Braum dan Ramon dalam Saiman (2002:24) 

Sekretaris adalah seorang pembantu dari seorang  kepala atau pimpinan yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa atau mengigatkan kepala atau pimpinannya   mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari kepala atau pimpinannya mengenai kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari kepala atau pimpinan. 

8.      Menurut Gie dalam Saiman (2002:25) 

Sekretaris adalah seorang petugas yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat  termaksud menyiapkan bagi seorang pejabat penting atau suatu organisasi. 

9.      Menurut Drs. The Liang Gie

Sekretaris adalah seorang petugas yang pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat termasuk menyiapkan bagi seorang pejabat penting atau organisasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar